LinuxEdan

Informasi Android,Gadgets Serta Komputer Dan Internet

Anak dan Teknologi, Apakah Smartphone dan Tablet Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak?

No comments
Pertumbuhan teknologi yang pesat yang sekarang sudah menjelajahi dunia anak dan bagi orang tua patutnya  memberikan perhatian khusus bagi anak yang sudah tergantung dengan hadirnya smartphone dan tablet.

Timbul pertanyaan bagi orang tua tentunya, Apakah membiasakan teknologi bagi anak khususnya Smartphone dan Tablet akan mempengaruhi tumbuh kembang mereka atau hanya sebuah pertanyaan dari benak orang tua yang  terlalu mencemaskan pertumbuhan anak mereka?

Dari beberapa penelitian menyimpulkan ternyata teknologi juga bisa menghambat tumbuh kembang anak, dalam hal ini yaitu berintraksi secara sosial dilingkungan dan dunia luar. Tetapi kepercayaan penerapan teknologi terhadap anak tetap ada sampai sekarang.

Ada beberapa anggapan yang beredar dimasyarakat dimana orang tua beranggapan dengan memberi anak mereka yang hiper aktif sebuah Smartphone atau tablet akan membuat  anak mereka jadi lebih tenang layaknya memiliki seorang babysister, menurut berberapa orang tua lainnya itu adalah perencanaan yang salah untuk anak dalam membentuk karakter anak  yang akan dibawa sampai dewasa nanti.

Tapi menurut sebuah penelitian jika smartphone atau tablet digunakan dengan sewajarnya dimana hal ini dihubungkan dengan pendidikan dan reaksi dari kegiatan anak, smartphone dan tablet dapat menjadi guru dan penghibur yang baik buat si anak.

Berikut alasan mengapa anak harus memiliki smartphone dan tablet:
  • Untuk menggabungkan pelajaran disekolah atau meninjau kembali sebuah ujian.
  • Untuk memperkaya atau memperluas pengetahuan dan kemampuan mereka.
  • Untuk mendorong mereka melihat pengetahuan sebagai suatu yang menyenangkan dan menggembirakan.
  • Untuk belajar lebih tentang dunia.
  • Untuk menjalin komunikasi dengan teman, keluarga dan guru.
  • untuk bersantai dan melepaskan kelelahan setelah pulang dari sekolah.
Bagaimana agar teknologi berhasil digunakan dengan baik :
  • Pastikan Program atau apllikasi yang terpasang sesuai umur dan level yang tepat buat anak.
  • Batasi penggunaannya dalam hal ini mengatur penggunaannya dalam menit ataupun jam.
  • Dorong anak untuk mengerjakan aktifitas lain, seperti bermain diluar, belajar memasak atau berkebun, menghabiskan waktu dengan teman, membaca, serta menggambar dan juga mewarnai.
  • Ajarkan mereka kemampuan  yang mereka butuhkan untuk menyempurnakan kegiatan mereka, seperti membuat dan menamai berkas/folder, gunakan fungsi pencarian yang efektif dan bagaimana seharusnya mengetiknya.
  • Seimbangkan cara penggunaan kata, menulis tangan, mental dan juga ilmu hitung komputer mereka untuk memastikan mereka tidak kehilangan kemampuan mereka dikarenakan teknologi yang memudahkan mereka.
Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat anda para Orang Tua, yang khawatir dengan kehadiran teknologi di dunia anak.

No comments :

Post a Comment