LinuxEdan

Informasi Android,Gadgets Serta Komputer Dan Internet

Android atau iOs, Lebih Milih Mana?

No comments





Sahabat sekalian tentunya kita tidak asing lagi dengan Android dan iOS karena kedua Operating Sistem yang berjalan di handphone yang bertajuk Smartphone (Handphone Pintar) ini kerap kita lihat dan dengar. Android yang di gandeng oleh google dengan pasar aplikasinya Google play store dan iOS kepunyaan Apple dengan pasar aplikasinya Apple store app.

 Mari kita lihat 2 perbedaan dari kedua Operating Sistem (OS) yang sedang menguasai pasar dunia ini :

1. Aplikasi


Jika dibandingkan aplikasi android dan iOS sama-sama memiliki kelebihan, iOS terbuka untuk pengembang pihak ketiga begitu pula dengan aplikasi android. Keduanya memiliki para pengembang dari seluruh dunia yang sedikit membedakan aplikasi android lebih banyak menawarkan aplikasi yang free alias gratis sedangkan aplikasi iOS cenderung berbayar atau hanya dalam pemakaian beberapa bulan (trial) selanjutnya kita akan dikenakan biaya untuk pemakaiaan aplikasi tersebut.

Android yang memiliki motto "Be Together not the same" atau bersama-sama tetapi tidak sama membuat yang sedikit menyinggung iOS yang dikeluhkan oleh para penggunanya karena aplikasi iOS yang cenderung  monoton hampir mirip antara aplikasi satu dengan yang lainnya. Keunikan dan keragaman dari setiap aplikasi yang ditawarkakn android lebih beragam ketimbang para pengguna aplikasi yang berjalan iOS.

2. Keamanan data pengguna

Banyak dari para pengguna Smartphone lebih memilih handphone keluaran Apple ketimbang memilih handphone-handphone android ketika ditanya mengenai keamanan data mereka dari penggunaan sebuah aplikasi, Mengapa? Handphone yang menggunakan OS android lebih banyak dikeluhkan oleh para pengguna smartphone karena permintaan akses ke data mereka yang berlebih pada saat memasang sebuah aplikasi seperti  meminta email, kontak dll. Hal ini membuat para pengguna handphone android sering merasa sedikit risih untuk permintaan akses tersebut.

Berbanding terbalik dengan iOS yang tidak terlalu meminta akses berlebih pada saat memasang sebuah aplikasi di handphone mereka,  google sendiri sebagai penyedia pasar aplikasi android telah menanggapi dan mengupayakan dengan serius agar aplikasi yang masuk ke pasar aplikasi android mereka (Google Play Store)  dapat melalui proses yang ketat  sehingga permintaan akses ke data pengguna yang berlebih dapat di minimaalisir. (jitak-jitakan)

No comments :

Post a Comment